Langsung ke konten utama

kids

anak-anak!
saya sangat suka anak-anak
dari dulu hingga sekarang

sejak kecil, ketika masih duduk di bangku kelas 3 SD, rumah saya sering disambangi oleh sepupu2 saya yang masih balita. ini dikarenakan nenek saya sering membawa mereka ke rumah, dan stay kira-kira 3 minggu s.d sebulan, tante dan om saya tidak terlalu keberatan, karena mereka super duper sibuk. Gosh, ga kebayang kalau saya harus pisah dengan anak-anak saya.

Anak bayi tuh lucu banget, tiap hari pasti ada yang baru dari mereka. kalau saya jadi ibunya, saya akan menemani mereka dan merekam smua hal-hal yang baru dari mereka dalam otak saya, i dont wanna miss any single of it. saya salah satu yang menyaksikan langkah pertama kali dari sepupu saya, saya dan nenek saya sampai berteriak kegirangan melihat usaha dia, melihat betapa seriusnya dia untuk mencapai kami berdua yang jaraknya paling cuma 1 meter, and she did it! Langkah pertama!
Entahlah, karena sering dikunjungi, bermain dan mengurus sepupu2 saya yang masih bayi, saya jadi sangat menyukai anak kecil, saya tau mereka ingin diperlakukan seperti apa, saya tau apa yang mereka inginkan, saya tau mereka ingin bermain dan disayang.

2 hari yang lalu saya buka komputer saya di rumah, komputer yang menyimpan banyak bagian hidup saya, skripsi, porto folio, lagu-lagu, games favorit, dan FOTO2!!! ketika saya baru mempunyai HP berkamera, kerjaan saya foto2 mulu, dan objek yang paling saya senangi adalah keponakan saya, Moreno dan Romero. foto-foto tersebut diambil di taun 2005 awal, muka mereka sudah banyak berubah dibanding sekarang. banyak sekali foto2 mereka, muka kecil yang innocent n sedikit jahil. banyak sekali saya foto, ada yg lagi bobo sama engkongnya (ayah saya), digendong umi (ibu saya), berenang2 di kolam, dll. hampir semua event saya rekam, saya takut kehilangan dan ingin terus mengenangnya. di bandingkan jaman dulu, dimana untuk merekam sebuah moment, kita harus menyediakan kamera jepret, lengkap dengan filmnya, ASAnya juga harus sesuai, dan mungkin2 terbakar. huh, repotnya lagi, kita harus cuci cetak. alhamdulillah, teknologi makin canggih, dan di era digital ini banyak pekerjaan jadi mudah.

Komputer itu menjadi back up untuk kenangan dalam hidup saya, tapi bodoh sekali saya hanya mempercayakan pada sistem, tadi malam HDDnya eror, dan mungkin butuh diformat, yang mengancam data hilang...TIDAAAAAAAAKK...saya tidak begitu mengkhawatirkan skripsi saya, toh sudah ada hardcopynya, dan softcopy masih bisa dilacak di departemen dan perpustakaan IPB, tapiiiiiiiiiiiiii....THOSE PICTS I'VE BEEN TAKEN! i dont have any backup! padahal itu untuk pelipur saya ketika saya merindukan malaikat-malaikat kecil itu di hari-hari yang hectic.

saya tidak habis pikir dengan pihak yang sering memanfaatkan dan memberdayakan anak-anak untuk mengamen, mengemis di simpang jalan. setiap hari saya pulang kerja dengan bus UKI bogor, turun di terminal br.siang dan melanjutkan naik angot 03 jurusan br.siang-bubulak. angkot itu melewati beberapa titik keramaian, seperti tugu kujang. saya sampai di tugu kujang sekitar jam 18.45. betapa miris hati saya melihat banyak anak-anak berusia 3-4 tahun mengamen dan mengemis.

u know, padahal jam segitu, kponakan saya sedang menikmati bermain di rumah dengan kertas gambar dan crayon mereka.
u know, padahal jam segitu, keponakan saya sedang bermain2 dengan umi, engkong dan ncing-ncingnya (tante2nya).
u know, padahal jam segitu, keponakan saya sudah bersih, wangi, dan mengenakan piyama bergambar spidermannya.
u know, padahal jam segitu mereka sudah dikejar mamanya untuk makan malam yg selalu mereka tidak sukai.
u know, padahal jam segitu biasanya akan berteriak... " NCING EGAAAAA... AYO KITA MAIN DINO DI KOMPUTER NCING EGA" ato " AYO KITA NONTON POWER RANGERS!!!"

Sementara anak-anak jalanan itu, menyambangi hampir setiap mobil di lampu merah, dan mulai bernyanyi lagu khas pengamen dengan cadel khas anak kecil. dan pergi dengan kecewa karena mereka cuma dapat lambaian yg mugkin tidak ditengok oleh sang penghuni mobil.
Kaki kecilnya mungkin pegal, kepalanya mungkin kepanasan karena berada di luar seharian. perutnya mungkin lapar karena belum makan. badannya mungkin gatal karena belum mandi. mungkin dia ngantuk dan ingin tidur. mungkin dia sempat terjatuh dan terluka tapi sudah tidak terasa lagi. mungkin dia sempat dimaki oleh orang dewasa yang tidak dikenalnya tanpa ada orang tua yang melingdungi mereka. kepada siapa mereka mengadu? mungkin mereka juga tidak mengenal 4JJI SWT.

betapa tidak beruntung nasib mereka. betapa jahatnya orang yang mengorganisir dibalik mereka. saya yakin ibu mereka mungkin mencari-cari mereka. Ibu mana sih yg tega???kalo ada, pasti ga waras!
saya tidak pernah mau memberi uang, memberi uang sama saja menjadikan pekerjaan itu terus melekat pada mereka. artikel yang pernah saya terima melalui milis, lebih baik kita menyediakan sebungkus biskuit, susu, atau makanan kecil, untuk diberikan pada mereka.

Ya 4JJI, saya hanya bersyukur. saya, keluarga saya, dan orang yang saya sayangi tidak harus mengalami hal itu. Betapa nikmat yang berlebihan yg saya terima. dan meski saya sudah cukup dewasa, mungkin saya tidak akan kuat kalau harus seperti mereka.
tapi mereka, anak-anak tnpa dosa, apakah harus melewati hidup begitu susahnya?

Semua ini rahasiaMU.

lalu, siapa yg salah?

Komentar

KRISTINA DIAN SAFITRY mengatakan…
sama. aku juga suka tuh ama mahluk yang bernama anak kecil,he..he.. mampir sini gaj isa nangis nih,xi..xi..
bapurez mengatakan…
i dont like kidsssssssssssssssss, theyre annoying! hehe
hidung-bertai-lalat mengatakan…
to kristina: iihh kamyuw sama ama aku...suka anak2
to bapurez: hahahah..my sister doesnt like them, either...she thinks that they'r totally annoying...hahaah
eivengusky mengatakan…
saya juga suka sm anak kecil..sampe ponakan sy satu2nya pernah sy boyong ke aussie..tp udah nyampe sana ngerepotinnya minta ampun n ujungnya sy jadi syka pusiiiing...he..he..he..
andi CiHuY mengatakan…
eh... si idung teh anak ipebe nya'? angkatan sabaraha, jurusan naon.... atuh sami kalo kitu mah.... hihihihi... lucu pisan bisa ketemu disinih...

wakakaka... bener ga tuh bahasa sunda gw... maksa yah :P

ternyata si idung satu almamater sama guah :D
hidung-bertai-lalat mengatakan…
to eiven: I DID IT TOOO...nyulik ponakan,,,tp ga jauh2 ya jeng,,,maen ke mall doang,,, tp belom apa2 dah ngerengek pengen sama mamanya, trus klo liat mainan menggila...waaaaaaaaaa...repot jg...tp seneng

to andi: gagagagaga....sealmamater toh bo...duile....how a small world afterall...angkt 2002 (39), faperta, ars.lanskap...situ angkt brpkah??jurusan?? jd reuni..hiihihi
mittamitt mengatakan…
wahwaaaah aku juga suka banget kak sama anak2 :) rasanya kalo ngeliat mereka gimanaaaa gitu.. hahaha.. kalo ketawa kaya ngga ada beban. kaya minta dicium gt. ahahaha :D

Postingan populer dari blog ini

Slow cooker, temanku..

Berhubung bukan ratu dapur...alias bener2 ga ngerti alat perang di dapur, saya bener2 terbantu dengan penemuan slowcooker utk memasak makanan allena

Buat saya yg kerja, waktunya ga banyak utk Allena, tapi pengen terlibat banyaaaaak dalam urusan yang masuk ke perut allena, jadilah alat ini sangat membantu. Klo digodok (ya itulah, bahasa emak2, artinya dimasak dalem rantang, tpi dikasih wadah air dibawahnya, trus dimasak agak lama di kompor, kira2 gtu), ga akan sempet utk saya yang berangkat subuh, pulang isya. Sebetulnya bisa aja, tp saya harus bangun jam 3 pagi, untuk berkutat dengan kentang, wortel, zukini dan teman-temannya. Duh rempong juga ya.. Secara roh saya jg masih wara wiri kali, hehehe.

Sebetulnya bisa juga saya titipkan urusan masak memasak ini dengan ibu saya, ato dengan ART di rumah, tapi kok ya rasanya saya ga mau. Cukup deh, saya ga bisa 24 hr/7 days di dekat Allena, jangan sampe masalah makannya, saya jg ga bisa handle. Sebetulnya ini untuk menghapus rasa bersalah aj…

staycation: The 101 hotel and resort bogor

Mendadak staycation jadi turis sehari di kota sendiri
November ini blass kita cuma menikmati kota Bogor. Rencana ultah anak-anak di pertengahan bulan, bikin ngerem (budget) dan juga nyicil persiapan (ini sebenernya ga jelas jg sik, hahahah).  Tapi yang jelas wiken, kdg abis waktu cm buat balikin nyawa aja buat persiapan weekdays berikutnya hiihihhi.
Trus tiba2 rezeki dateng, suami bilang, dia dapet voucher nginep di The 101 hotel Bogor. Ahhh asikkk, lgsg semangad packing bwt staycationan.
hari sabtu tiba, saya memastikan rumah beres dulu. Setelah masak, nyiapin anak2 (mandi makan) dan bibi kesayangan bantu beresin rumah, baru deh kita siap2 berangkat. Hari itu bertepatan pula dengan konser piano 2 sepupu Allena, jadi skedul kami adalah, pergi ke hotel, cek in dan langsung menuju tempat konser (yang dilaksanakan di sebuah hotel lain di bogor).
Saya udah penasaran bgt sama hotel ini, lebih kepada karena lokasinya, yang berada di sentra kuliner pecinan khas Bogor. Buat turis dari Jakarta,…

10-baby-thingy must have item (11! i revised)

ini postingan sebetulnya udah lamaaa bgt pengen dibuat,  tapi ga sempet2. Baru sempet kepikiran, karena ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dan baru kerasa pas anak kedua, ada beberapa barang yang ternyata lumayan pricey, tapi worth to have, malahan must have karena sangat bermanfaat. oke, let's start..
1. Pompa ASI saya ingatkan yaah, ini memang berdasarkan pengalaman saya. Mungkin di ibu baru lainnya, item ini akan tidak diperlukan. Semuanya depends on her condition. Kondisi saya? saya ibu bekerja. Untuk saya pompa ASI sangat bermanfaat, untuk mensupport saya agar bisa ASI exclusif hingga 2 tahun. Pengalaman dengan Allena, saya pumping sampai H-1 Allena usia 2 tahun, dan berhasil disapih di usia 30 bulan. Saya pakai pompa ASI, merk Medela, mini electric. Pompa ini saya peroleh dari lungsuran kakak saya. Saya sempat pakai 2 type, Medela Harmony (manual), itu pun lungsuran kakak saya. Tetapi ternyata partnya gampang banget robek, apalagi type pemakaian seperti saya, yan…