Langsung ke konten utama

Sepenggal metamorfosi teknologi

Seberapa canggih kah anda?

Mhhh...mungkin semua langsung memikirkan gadget apa yg anda miliki, kemudian mulai memelintirkan otak utk me-list feature yang ada di gadget tersebut.

Anda pasti sudah tidak asing dengan..

- USB?
- SD card?
- External harddisc?
- Smartphone?
- Mp3 player?
- Ipod shuffle?
- Blackberry?
- I phone?
- Digital Camera?
- Notebook?
- Netbook?
- e-book reader?


dan gadget lain yang harganya kadang bikin tabungan terkuras.

Baru aja dua teman saya pulang dari rumah, setelah kita tertawa terpingkal-pngkal karena sebuah kata.

D I S K E T

See? pasti lgsg mikir2 dulu..
sounds familiar...

Hahahaha...yap! betchuuull... Disket yg terkenal dgn merk Verbatim dan teman2nya, yang bertahun silam mempunyai jasa besar kepada para pengguna komputer. Yap, disket merupakan benda yang berbentuk hampir persegi, dan didetect sebagai disc floppy (A:), yang kapasitas paling mantep 1,4 M, dimana nyimpan satu foto udah dilempar pop up message "there' no enough space. please insert other disc". Yap, benda yg gampaaaaaaaang bgt terjangkit virus. Benda yg klo kita buka file di komputer lain, langsung minta diformat, alhasil, data kita bisa lenyap seketika. Masih ingatkah? ato...jangan2 anda tidak kenal?

Tampilan disket dengan 2 ukuran, yang besar bisa jadi nampan.

Saya tertawa terpingkal-pingkal teringat disket karena, teman saya bercerita.

Teman:
"waktu itu, ada klien gw, mo kasih gambar project. Pas ditanya, ada ato ga datanya, dibilangin ada, dan udah dibawa. ehhhh, orangnya kasih disket ke gw, n bilang klo datanya ada dalam disket. Yah cengo gw, wong komputer gw ga ada disketnya!"

dan itu awal 2008, sodara-sodara.

Gyahahahah....guling-guling
Sumpah, saya geli bgt. Disket??? in the early of 2008? saya kira sudah punah.
Yang jadi pertanyaan. Siapa yg ga canggih ni? teman saya yg CPUnya tidak ada disket portnya? ato si klien teman yg masih intim dengan disket??

hihihihi

Yep, benda itu sudah punah dari tahun 2003-2004, ketika USB muncul. Benda kecil-canggih-mahal-kapasitas ratusan file word-bebas virus mulai beredar. ceilee....klo kalungin USB keknya dah yg paling jdi UP TO DATE PERSON on EARTH deh! padahal kapasitasnya cuma 128 MB! ehehehe. well, it did happen.

Dan, disket pun jadi barang usang.

Tahun lalu, USB 128 MB saya yang banyak berjasa buat saya JUGA telah jadi bahan tertawaan oleh teman2 SMA saya.
Bayangkan!
Apalagi nasib orang yg masih nenteng2 disket! OMIGOD!

saya cuman bisa senyum2 sendiri.
WAh...baru turun gunung ya mas?


Benda2 canggih dahulu yang mulai punah, menurut saya:
- Walkman
- Tape
- Kamera-pasti-jadi ala Fuji film, jepret coy! awas kebakar! ASA-nya cocok tak!
- UPDATE dr tya- discman! oh noo...emg dulu keknya keren abisss
- Pager... iyaaa pager...! bukan yg ada di depan rumah lo n srg lo panjatin ya! inget ga?? pidip pidip..pagerku berbunyi..pidip pidip begitu bunyinya -Pesta rap
- UPDATE dr titiw- laser disc.....nyahahah...seingetku...imaje pemilik laser disc adalah org2 borju... booming di awal 90an smpe mid 90s...dulu pernah numpang nonton performancenya Mariah carey using laser disc di rumah sodara..... "there's a hero comes alone..."

silahkan yang punya ide, utk nambahin..

just for fun ya!
enjoy

pict taken from here

Komentar

yudhiPuspa mengatakan…
discman discman!

ihihi gw inget bgt tuh ga
gw mupeng berat waktu temen sebangku di SMA punya discman
kayanya keren pisaaaan!!!!

bertekad nabung buat beli discman
blom sempet beli eh dah nongol ipod

huuuuu...
walopun sampe skrg ipod blom kebeli juga si
hyahahahah :-)
Uchan mengatakan…
Disket ini katanya salah satu teknologi yang paling awet digunakan masa periodenya di CPU (sebelum bermunculan chip2 memory)
titiw mengatakan…
Dulu tahun 2003an gitu, aku terkagum2 dengan temen aku yg presentasi depan kelas pake flashdisc! Bayangkan di maraknya foto sekarang ini kalo kita mau save2 dan cuma ada disket..? apling satu disket cuma buat 3 foto. Gyahahaha!!
PS:
Tambahan: Laser disk booo!!!!!!
titiw mengatakan…
Hahaha.. verivikasi katanya "ASLUD".. kayak a SLUT? hihi *gak penting* eh bo.. anyway kamu salah naro alamat blog aku tuh.. huhuhu.. (dasar bencong eksis!!)

Postingan populer dari blog ini

Slow cooker, temanku..

Berhubung bukan ratu dapur...alias bener2 ga ngerti alat perang di dapur, saya bener2 terbantu dengan penemuan slowcooker utk memasak makanan allena

Buat saya yg kerja, waktunya ga banyak utk Allena, tapi pengen terlibat banyaaaaak dalam urusan yang masuk ke perut allena, jadilah alat ini sangat membantu. Klo digodok (ya itulah, bahasa emak2, artinya dimasak dalem rantang, tpi dikasih wadah air dibawahnya, trus dimasak agak lama di kompor, kira2 gtu), ga akan sempet utk saya yang berangkat subuh, pulang isya. Sebetulnya bisa aja, tp saya harus bangun jam 3 pagi, untuk berkutat dengan kentang, wortel, zukini dan teman-temannya. Duh rempong juga ya.. Secara roh saya jg masih wara wiri kali, hehehe.

Sebetulnya bisa juga saya titipkan urusan masak memasak ini dengan ibu saya, ato dengan ART di rumah, tapi kok ya rasanya saya ga mau. Cukup deh, saya ga bisa 24 hr/7 days di dekat Allena, jangan sampe masalah makannya, saya jg ga bisa handle. Sebetulnya ini untuk menghapus rasa bersalah aj…

staycation: The 101 hotel and resort bogor

Mendadak staycation jadi turis sehari di kota sendiri
November ini blass kita cuma menikmati kota Bogor. Rencana ultah anak-anak di pertengahan bulan, bikin ngerem (budget) dan juga nyicil persiapan (ini sebenernya ga jelas jg sik, hahahah).  Tapi yang jelas wiken, kdg abis waktu cm buat balikin nyawa aja buat persiapan weekdays berikutnya hiihihhi.
Trus tiba2 rezeki dateng, suami bilang, dia dapet voucher nginep di The 101 hotel Bogor. Ahhh asikkk, lgsg semangad packing bwt staycationan.
hari sabtu tiba, saya memastikan rumah beres dulu. Setelah masak, nyiapin anak2 (mandi makan) dan bibi kesayangan bantu beresin rumah, baru deh kita siap2 berangkat. Hari itu bertepatan pula dengan konser piano 2 sepupu Allena, jadi skedul kami adalah, pergi ke hotel, cek in dan langsung menuju tempat konser (yang dilaksanakan di sebuah hotel lain di bogor).
Saya udah penasaran bgt sama hotel ini, lebih kepada karena lokasinya, yang berada di sentra kuliner pecinan khas Bogor. Buat turis dari Jakarta,…

10-baby-thingy must have item (11! i revised)

ini postingan sebetulnya udah lamaaa bgt pengen dibuat,  tapi ga sempet2. Baru sempet kepikiran, karena ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dan baru kerasa pas anak kedua, ada beberapa barang yang ternyata lumayan pricey, tapi worth to have, malahan must have karena sangat bermanfaat. oke, let's start..
1. Pompa ASI saya ingatkan yaah, ini memang berdasarkan pengalaman saya. Mungkin di ibu baru lainnya, item ini akan tidak diperlukan. Semuanya depends on her condition. Kondisi saya? saya ibu bekerja. Untuk saya pompa ASI sangat bermanfaat, untuk mensupport saya agar bisa ASI exclusif hingga 2 tahun. Pengalaman dengan Allena, saya pumping sampai H-1 Allena usia 2 tahun, dan berhasil disapih di usia 30 bulan. Saya pakai pompa ASI, merk Medela, mini electric. Pompa ini saya peroleh dari lungsuran kakak saya. Saya sempat pakai 2 type, Medela Harmony (manual), itu pun lungsuran kakak saya. Tetapi ternyata partnya gampang banget robek, apalagi type pemakaian seperti saya, yan…