Langsung ke konten utama

went to kids-friendly country

Akhirnya liburan juga...
Setelah sempat gagal liburan pas mo mudik lebaran kemarin, karena suami saya tiba2 tertular cacar. huff...

Suami memutuskan untuk menjajal singapura, karena selain dekat, negara ini juga terkenal very kids friendly. Public transportation, pedestrian, mall, and public spaces are very kids and handicap person oriented, jadi aman buat bebi Allena. Nursing room hampir selalu ada di tiap mall, dan ada hampir di tiap lantainya. Public toilet, selalu dilengkapi dengan tempat untuk changing baby's diaper. Ramp ada di pedestrian mana pun, sehingga stroller melaju tanpa hambatan. Lift juga tersedia di stasiun MRT, jadi ni stroller ikutan jadi komuter di singapur.
Singapore pedestrian

Nursing room at Vivo city
Itenary saya banyak banget, walo akhirnya saya paham, bawa bebi ga mungkin banget ngoyo jalan terus. Saya juga khawatir Allena kecapean dan malah jadi masuk angin. jadi akhirnya pada saat eksekusi, ada beberapa tempat yg batal untuk dikunjungi.

Berangkat jumat malem dan kembali senin malam, beberapa tempat sudah terjajal. Saya ngidam banget pengen ke Universal Studio Singapore. Berhubung saya cinta berat naik wahana yang ngeri-ngeri di Dufan, jadi saya pengen nyobain jg yang di USS. tapi akhirnya kita mencoret dari daftar kunjungan, berhubung peserta trip kali ini ada ayah ibu saya, suami dan allena. Mereka tidak tertarik untuk naik yg serem2.

Akhirnya saya putuskan untuk ke Jurong bird park, karena Allena suka sekali binatang dan juga tempat yang ijo royo-royo. Jurong cantik, banyak spot menarik dan sangat edukatif. Setengah hari di sini, sudah cukup buat saya pegel2. Allena suka sekali liat burung-burung tropis beraneka warna. Senang lihat dia menjerit riang, ketika ada pinguin loncat masuk ke kolam. Seruuuu! Rencananya setelah jurong, kami ingin ke Science Center singapore, tapi semua dah kuyu kelelahan, jadi akhirnya dicoret dari dafatr kunjungan.

Jurong bird park's entrance
Birdwatching
Kami juga berkunjung ke marina bay, sepertinya ini a-must-place to visit deh. hehehe. Di hari berikutnya, rombongan saya berkunjung ke bugis untuk beli oleh2, jalan2 sore ke Sentosa. Sayangnya saya tidak menjajal Boardwalk sentosa yang baru. Ini merupakan jembatan antara vivo city dan sentosa, dimana pengunjung bisa jalan kaki, sambil menikmati pemandangan dan lampu-lampu cantik. Ibu menolak untuk jalan, selain lelah, kasian allena yang kena angin malam. Oia, sebetulnya di boardwalk ini ada shelter dan travelator, jadi kita ga akan keujanan, kecapean ato kedinginan kena angin. hehehe. Next time, saya harus cobain!
Merlion walk
Hari terakhir, saya memutuskan untuk ke jacob ballas children garden dan musem asian civilisation. Sayangnya saya lupa, jacob ballas itu tutup hari senin. Huhuhuhuhu. Padahal dah jauh2 ke sana, dan karena dah cape, akhirnya kami tidak ke musem asian civilisation juga. Kami memutuskan untuk berburu coklat dan es potong di Lucky Plaza, Orchard road. Sekalian cari titipan2 oleh-oleh di ION mall.
Toko coklat di Lucky plaza, menawarkan coklat high quality dengan harga miring
Allena sudah 11 bulan, tapi masih makan bubur saring, karena belum tumbuh gigi, jadi saya 'masih' rempong untuk urusan makan Allena. Untungnya seminggu sebelum berangkat, saya sempet mampir ke Ace hardware bogor, dan kami menukar poin yang kami punya dengan mini slow cooker untuk traveling merk Kris. 0,5 liter cukup untuk makan allena 2 kali. Ukurannya yang kecil, tidak memakan banyak space di koper saya. Bahan makanan pun saya bawa lengkap, dari beras, beras merah, salmon fillet, ceker ayam, tomat, kentang, wortel, brokoli, sereh dan daun bawang. oia kacang merah juga. Kemudian untuk buah allena, mangga, buah naga dan alpukat. Saya juga bawa camilan seperti biskuit bayi. Perkakas lainnya juga ikut terangkut (talenan, pisau, saringan kawat, sabun sleek, sikat botol, sendok piring, cooler bag, dll). Untuk mandi pun, saya mencoba untuk membuat ia nyaman di tempat asing, makan itu saya bawa munchkin bathtub tiup bentuk bebek, tidak lupa juga bawa pompanya.
mandi dengan munchkin

Repot? iya bangettt...

tapi seruuuuu... Karena Allena hepi, suami hepi, ortu juga hepi..hehehhe! jadi pengen jalan-jalan lagi.
Apron, menyusui dimana pun kapan pun

Beberapa tips:
- Bawa stroller penting banget di singapore, dan tidak akan memakan beban bagasi di pesawat, karena bisa dibawa hingga kita akan naik pesawat. kemudian petugas akan mengambil dan menyimpannya di bagasi. Kita bisa mengambil ketika landing nanti. jangan lupa untuk meminta tag bagasi kepada petugas untuk ditempelkan di stroller.

Ini salah satu manfaat stroller, tempat bobok

- Manfaatkan situs www.gothere.sg untuk mencatat rute perjalanan jika menggunakan bus dan MRT.

- Jika anda menggunakan android, manfaatkan dengan mendownload free peta MRT singapur. jadi tidak perlu celingak celinguk liat peta di stasiun.

- Tukarkan boarding pass saat tiba di changi dengan perdana SingTel, jadi lebih mudah berkomunikasi di Singapura.

Komentar

Anonim mengatakan…
Assalamualaikum..

Mbak mau nanya ttg slowcooker Kris dari ace hardware..
Apa pot/kermaiknya bisa dicopot? Caranya gmn?
Krn di kertas petunjuknya bisa dicopot dan trdiri dari 3 bagian..tutup,pot,pemanas..

Trus apa masaknya hrs nunggu panas dulu? Dan untuk daging2an harus matang dulu? Gak bs lsg cmplung2 gt?

Oia saya email td..pertanyaan sama.. :)

Makasih..saya tunggu jawabya..wassalam.. :)
ega mengatakan…
wa'alaikum salam,,

mba fibrie, dah aku email balik yaaa

semoga lancar pake SC kris
yudhi puspa tya mengatakan…
repot tapi dibarter sama kegembiraan anak kita rasa hepinya malah ga terukur ya gah,

uhhhh senengnya allena udah bisa jalan2 kluar negri, klo biyyu maw nyobain yg deket2 aja dulu *halah bilang aja ga punya duid* kikikkk
hidung-bertahi-lalat mengatakan…
iyahhh...so pricy bgt waktu dengan anak, jd rempong pun ttp hepi ihihih...
iyah bgt yahe, memakan banyak porsi tabungankuuhh..tp ...y sudahlah...*nungguin jasprod lg*

Postingan populer dari blog ini

Slow cooker, temanku..

Berhubung bukan ratu dapur...alias bener2 ga ngerti alat perang di dapur, saya bener2 terbantu dengan penemuan slowcooker utk memasak makanan allena

Buat saya yg kerja, waktunya ga banyak utk Allena, tapi pengen terlibat banyaaaaak dalam urusan yang masuk ke perut allena, jadilah alat ini sangat membantu. Klo digodok (ya itulah, bahasa emak2, artinya dimasak dalem rantang, tpi dikasih wadah air dibawahnya, trus dimasak agak lama di kompor, kira2 gtu), ga akan sempet utk saya yang berangkat subuh, pulang isya. Sebetulnya bisa aja, tp saya harus bangun jam 3 pagi, untuk berkutat dengan kentang, wortel, zukini dan teman-temannya. Duh rempong juga ya.. Secara roh saya jg masih wara wiri kali, hehehe.

Sebetulnya bisa juga saya titipkan urusan masak memasak ini dengan ibu saya, ato dengan ART di rumah, tapi kok ya rasanya saya ga mau. Cukup deh, saya ga bisa 24 hr/7 days di dekat Allena, jangan sampe masalah makannya, saya jg ga bisa handle. Sebetulnya ini untuk menghapus rasa bersalah aj…

staycation: The 101 hotel and resort bogor

Mendadak staycation jadi turis sehari di kota sendiri
November ini blass kita cuma menikmati kota Bogor. Rencana ultah anak-anak di pertengahan bulan, bikin ngerem (budget) dan juga nyicil persiapan (ini sebenernya ga jelas jg sik, hahahah).  Tapi yang jelas wiken, kdg abis waktu cm buat balikin nyawa aja buat persiapan weekdays berikutnya hiihihhi.
Trus tiba2 rezeki dateng, suami bilang, dia dapet voucher nginep di The 101 hotel Bogor. Ahhh asikkk, lgsg semangad packing bwt staycationan.
hari sabtu tiba, saya memastikan rumah beres dulu. Setelah masak, nyiapin anak2 (mandi makan) dan bibi kesayangan bantu beresin rumah, baru deh kita siap2 berangkat. Hari itu bertepatan pula dengan konser piano 2 sepupu Allena, jadi skedul kami adalah, pergi ke hotel, cek in dan langsung menuju tempat konser (yang dilaksanakan di sebuah hotel lain di bogor).
Saya udah penasaran bgt sama hotel ini, lebih kepada karena lokasinya, yang berada di sentra kuliner pecinan khas Bogor. Buat turis dari Jakarta,…

10-baby-thingy must have item (11! i revised)

ini postingan sebetulnya udah lamaaa bgt pengen dibuat,  tapi ga sempet2. Baru sempet kepikiran, karena ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dan baru kerasa pas anak kedua, ada beberapa barang yang ternyata lumayan pricey, tapi worth to have, malahan must have karena sangat bermanfaat. oke, let's start..
1. Pompa ASI saya ingatkan yaah, ini memang berdasarkan pengalaman saya. Mungkin di ibu baru lainnya, item ini akan tidak diperlukan. Semuanya depends on her condition. Kondisi saya? saya ibu bekerja. Untuk saya pompa ASI sangat bermanfaat, untuk mensupport saya agar bisa ASI exclusif hingga 2 tahun. Pengalaman dengan Allena, saya pumping sampai H-1 Allena usia 2 tahun, dan berhasil disapih di usia 30 bulan. Saya pakai pompa ASI, merk Medela, mini electric. Pompa ini saya peroleh dari lungsuran kakak saya. Saya sempat pakai 2 type, Medela Harmony (manual), itu pun lungsuran kakak saya. Tetapi ternyata partnya gampang banget robek, apalagi type pemakaian seperti saya, yan…