Langsung ke konten utama

halooo susu sapi! (part 2)

Tadinya sy... ga mau bikin part 2, tapi ternyata ada new drama dari dunia persusuan, jadi bolehlah masup daftar entry di blog cupu ini.

Jadi, akhir taun kemarin kan saya optimis to the max, allena pinter minum susu UHT sebagai tambahan ASI. yess! dah seoptimis demokrat menangin pemilu deh! Eh tiba2 allena sakit yg lumayan agak parah (roseola), dan UHT distop kembali ke full ASI supaya booster imunnya. Tnyata efek pemberhentian UHT ini cukup brpengaruh, bukan cukup, tapi sangat! Ketika suatu hari saya buka freezer, shock bgt, tnyta tinggal 8 botol. Ternyata tanpa saya sadari saya defisit 2-3 botol ASI setiap harinya. Ironisnya lagi, saya mau dinas keluar kota 3 hari. Yang mana, 8 botol itu ga akan cukup utk allena minum selama saya pergi, karena rata2 di jam kerja, allena minum 7 botol ASI. omaigattt..

Ketar-ketir saya. AKhirnya saya coba kembali campur UHT dan saya pergi dinas dgn agak sedikit tenang karena pengalaman sebelumnya, Allena suka UHT diamond. Info dari orang rumah, ternyata allena ga mau minum UHT sama sekali. padahal dia haus berat. Allena memilih minum air putih saja. the good news was, makannya ga terganggu, dan cenderung banyak. Logis sy, secara dia ga kenyang oleh susu, pasti dilampiasin ke makanan.

Tapi saya ttp khawatir, coba ke UHT merk ultra, ga mau. Coba SGM (yg ada di rumah, punya sepupunya), allena tetep ga mau. Bahkan diencerkan pun ttp ga mau. Selama dinas, saya malah tidak tenang. Makan ini itu, malah memperbesar rasa bersalah saya. mengingat, anak saya kelaparan ASI di tempat yg lain. huhuhuh

Puncak drama adalah di malam hari ketika saya masih dinas, ketika dia butuh ASI sebagai teman tidur. Allena rewel dan mengamuk di jam tidur. Biasanya dia tidak pernah begini. Bangun pun tidak pernah. Hanya sampai tahap gelisah saja. Akhirnya suami saya yg begadang nemenin Allena, lagi2 hanya minum air putih. UHT dilepeh, susu SGM jg.

Betapa leganya saya, ketika kembali bertemu allena. Allena seperti agak sedikit marah dgn saya, awal2nya dia tidak mau melihat muka saya. Ngambek pasti saya pikir, krn saya menghilang dan dia kelaparan butuh ASI. Akhirnya pelan2 saya dekati dan dia langsung peluk saya. Huhuhu...sungguh, rasa bersalah krn menyiksa dia selama saya pergi, lebih menghukum saya daripada sekedar diacuhkan. Maafkan mommy nak...

Akhirnya saya coba merk bebelac susu pertumbuhan. Alhamdulillah, Allena suka. Ya ampun, bener2 sepertinya saya harus nyerah pada susu bubuk. hufff. Ya sudahlah, daripada allena menderita klo saya pergi2 lagi. Sekarang setiap pergi kerja, allena minum 4 botol ASI dan 3 botol susu bebelac, saya kembali mulai menabung ASI. well, sometimes kita harus berdamai juga kan dengan kenyataan. Ga smua yg kita mau, bs kita miliki.

Saya tetap mengenalkan UHT kepada Allena, kalau kami pergi2, saya suka bawa 1 pack susu UHT, itu saya jadikan cemilan di jalan. Semoga lambat laun, allena bs minum UHT seperti dulu.

Sehat terus ya sayang, mommy coba beri yg terbaik untuk kamu, semoga suatu saat kamu tau, betapa berartinya kamu utk kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Slow cooker, temanku..

Berhubung bukan ratu dapur...alias bener2 ga ngerti alat perang di dapur, saya bener2 terbantu dengan penemuan slowcooker utk memasak makanan allena

Buat saya yg kerja, waktunya ga banyak utk Allena, tapi pengen terlibat banyaaaaak dalam urusan yang masuk ke perut allena, jadilah alat ini sangat membantu. Klo digodok (ya itulah, bahasa emak2, artinya dimasak dalem rantang, tpi dikasih wadah air dibawahnya, trus dimasak agak lama di kompor, kira2 gtu), ga akan sempet utk saya yang berangkat subuh, pulang isya. Sebetulnya bisa aja, tp saya harus bangun jam 3 pagi, untuk berkutat dengan kentang, wortel, zukini dan teman-temannya. Duh rempong juga ya.. Secara roh saya jg masih wara wiri kali, hehehe.

Sebetulnya bisa juga saya titipkan urusan masak memasak ini dengan ibu saya, ato dengan ART di rumah, tapi kok ya rasanya saya ga mau. Cukup deh, saya ga bisa 24 hr/7 days di dekat Allena, jangan sampe masalah makannya, saya jg ga bisa handle. Sebetulnya ini untuk menghapus rasa bersalah aj…

staycation: The 101 hotel and resort bogor

Mendadak staycation jadi turis sehari di kota sendiri
November ini blass kita cuma menikmati kota Bogor. Rencana ultah anak-anak di pertengahan bulan, bikin ngerem (budget) dan juga nyicil persiapan (ini sebenernya ga jelas jg sik, hahahah).  Tapi yang jelas wiken, kdg abis waktu cm buat balikin nyawa aja buat persiapan weekdays berikutnya hiihihhi.
Trus tiba2 rezeki dateng, suami bilang, dia dapet voucher nginep di The 101 hotel Bogor. Ahhh asikkk, lgsg semangad packing bwt staycationan.
hari sabtu tiba, saya memastikan rumah beres dulu. Setelah masak, nyiapin anak2 (mandi makan) dan bibi kesayangan bantu beresin rumah, baru deh kita siap2 berangkat. Hari itu bertepatan pula dengan konser piano 2 sepupu Allena, jadi skedul kami adalah, pergi ke hotel, cek in dan langsung menuju tempat konser (yang dilaksanakan di sebuah hotel lain di bogor).
Saya udah penasaran bgt sama hotel ini, lebih kepada karena lokasinya, yang berada di sentra kuliner pecinan khas Bogor. Buat turis dari Jakarta,…

10-baby-thingy must have item (11! i revised)

ini postingan sebetulnya udah lamaaa bgt pengen dibuat,  tapi ga sempet2. Baru sempet kepikiran, karena ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dan baru kerasa pas anak kedua, ada beberapa barang yang ternyata lumayan pricey, tapi worth to have, malahan must have karena sangat bermanfaat. oke, let's start..
1. Pompa ASI saya ingatkan yaah, ini memang berdasarkan pengalaman saya. Mungkin di ibu baru lainnya, item ini akan tidak diperlukan. Semuanya depends on her condition. Kondisi saya? saya ibu bekerja. Untuk saya pompa ASI sangat bermanfaat, untuk mensupport saya agar bisa ASI exclusif hingga 2 tahun. Pengalaman dengan Allena, saya pumping sampai H-1 Allena usia 2 tahun, dan berhasil disapih di usia 30 bulan. Saya pakai pompa ASI, merk Medela, mini electric. Pompa ini saya peroleh dari lungsuran kakak saya. Saya sempat pakai 2 type, Medela Harmony (manual), itu pun lungsuran kakak saya. Tetapi ternyata partnya gampang banget robek, apalagi type pemakaian seperti saya, yan…