Langsung ke konten utama

visiting dentist

Awalnya saya tidak terlalu worry, ketika ada perubahan warna di area gigi Allena. 
Saya pikir, itu mungkin kotoran yang menumpuk karena cara menggosok gigi yang salah. 
Sampai akhirnya warnanya agak mencoklat dan sulit dihilangkan. 

Sabtu kemarin, saya jadwalkan kunjungan ke dokter gigi. Saya juga ingin mengenalkan Allena dengan dokter gigi sejak dini, jadi dia akan terbiasa dan tidak trauma setiap kali mengunjungi dokter gigi.

Awalnya saya mencari dokter gigi anak, saya membayangkan kamar periksa yang ceria dengan gambar-gambar lucu sehingga anak akan senang. Tetapi karena suami juga akan ke dokter gigi, yowes akhirnya kita ke dokter gigi langganan saja. 

Allena ceria ketika menunggu dan mengantri giliran periksa. Sampai akhirnya namanya dipanggil, Allena masuk dengan gagah.Saya bilang sama Allena, bahwa Daddy dulu yang akan diperiksa, nanti Allena liat dulu ya...Akhirnya dia liat suami saya diperiksa, duduk di kursi yang bisa naik turun, ditempelin banyak peralatan. Allena mondar mandir ga sabar, pengen cepet-cepet duduk di kursi naik turun itu ihhihihihiih. 

Akhirnya suami saya selesai, Allena langsung teriak "ennaaaa...." sambil menuju kursi periksa dengan semangat. (ternyata dia sudah ga sabar dan langsung pengen duduk, hihihi). Tapi kasian si gadis ini, ternyata dokter mengajaknya duduk di kursi konsultasi. Katanya biar ga trauma, jangan langsung ada tindakan. (ohh poor baby....)

Dokternya ramah, dan pintar mengambil hati anak-anak. Dia minta Allena buka mulut sambil bilang Aaaa, trus Iiiiii, dan Allena menurut. Akhirnya dia bilang, bahwa perubahan warna pada gigi depan, bukan karena makanan. Tapi karena susu! terutama ASI. oh my....

Allena masih sering nenen setelah gosok gigi sebelum tidur, inilah penyebabnya. Susu+ludah+bakteri maka akan berfermentasi, dan menghasilkan asam. Asam inilah yang mengkorosi gigi, sehingga lama-kelamaan akan caries. Ini disebut bottle dental caries. hik hik hik

Untungnya masih tahap awal menurut dokter, saya diberi kasa untuk membersihkan gigi allena, jika dia sudah tidur setelah nenen. Ini harus dilakukan, untuk mengangkat sisa susu di gigi.Caries ini tidak ada kaitannya dengan sisa makanan, asam akibat susu merupakan musuh gigi susu anak-anak. huhuhuu

Allena sudah 26 bulan, tapi belum ada tanda-tanda dia mau menyapih. Saya sedih sekali, bahwa ini sudah urgent utk menyapih, karena menyusui berakibat buruk untuk gigi allena saat ini. Lagipula dia sudah besar, bukan?

Tidak sulit mengalihkan nenen di siang hari, tetapi di malam hari itu, PR bgt. Tadi malam saya coba, dia menangis sampai ketiduran, huhuhu. Saya juga mau nangis, ga tega liatnya. 

I know it's hard for me and her, but weaning is an urgent thing to do. Allena has grown up, and we will get through this just like when we learned breastfeeding before. Hard, but we did it!  

I love you so much my lil quinnara, I know we can :')

Komentar

yudhi puspa tya mengatakan…
bisa! pasti bisa yah ayyen :')
hidung-bertahi-lalat mengatakan…
smpe skrang pun masih beloomm uhuhhuhuhuhuhuh

Postingan populer dari blog ini

Slow cooker, temanku..

Berhubung bukan ratu dapur...alias bener2 ga ngerti alat perang di dapur, saya bener2 terbantu dengan penemuan slowcooker utk memasak makanan allena

Buat saya yg kerja, waktunya ga banyak utk Allena, tapi pengen terlibat banyaaaaak dalam urusan yang masuk ke perut allena, jadilah alat ini sangat membantu. Klo digodok (ya itulah, bahasa emak2, artinya dimasak dalem rantang, tpi dikasih wadah air dibawahnya, trus dimasak agak lama di kompor, kira2 gtu), ga akan sempet utk saya yang berangkat subuh, pulang isya. Sebetulnya bisa aja, tp saya harus bangun jam 3 pagi, untuk berkutat dengan kentang, wortel, zukini dan teman-temannya. Duh rempong juga ya.. Secara roh saya jg masih wara wiri kali, hehehe.

Sebetulnya bisa juga saya titipkan urusan masak memasak ini dengan ibu saya, ato dengan ART di rumah, tapi kok ya rasanya saya ga mau. Cukup deh, saya ga bisa 24 hr/7 days di dekat Allena, jangan sampe masalah makannya, saya jg ga bisa handle. Sebetulnya ini untuk menghapus rasa bersalah aj…

staycation: The 101 hotel and resort bogor

Mendadak staycation jadi turis sehari di kota sendiri
November ini blass kita cuma menikmati kota Bogor. Rencana ultah anak-anak di pertengahan bulan, bikin ngerem (budget) dan juga nyicil persiapan (ini sebenernya ga jelas jg sik, hahahah).  Tapi yang jelas wiken, kdg abis waktu cm buat balikin nyawa aja buat persiapan weekdays berikutnya hiihihhi.
Trus tiba2 rezeki dateng, suami bilang, dia dapet voucher nginep di The 101 hotel Bogor. Ahhh asikkk, lgsg semangad packing bwt staycationan.
hari sabtu tiba, saya memastikan rumah beres dulu. Setelah masak, nyiapin anak2 (mandi makan) dan bibi kesayangan bantu beresin rumah, baru deh kita siap2 berangkat. Hari itu bertepatan pula dengan konser piano 2 sepupu Allena, jadi skedul kami adalah, pergi ke hotel, cek in dan langsung menuju tempat konser (yang dilaksanakan di sebuah hotel lain di bogor).
Saya udah penasaran bgt sama hotel ini, lebih kepada karena lokasinya, yang berada di sentra kuliner pecinan khas Bogor. Buat turis dari Jakarta,…

10-baby-thingy must have item (11! i revised)

ini postingan sebetulnya udah lamaaa bgt pengen dibuat,  tapi ga sempet2. Baru sempet kepikiran, karena ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dan baru kerasa pas anak kedua, ada beberapa barang yang ternyata lumayan pricey, tapi worth to have, malahan must have karena sangat bermanfaat. oke, let's start..
1. Pompa ASI saya ingatkan yaah, ini memang berdasarkan pengalaman saya. Mungkin di ibu baru lainnya, item ini akan tidak diperlukan. Semuanya depends on her condition. Kondisi saya? saya ibu bekerja. Untuk saya pompa ASI sangat bermanfaat, untuk mensupport saya agar bisa ASI exclusif hingga 2 tahun. Pengalaman dengan Allena, saya pumping sampai H-1 Allena usia 2 tahun, dan berhasil disapih di usia 30 bulan. Saya pakai pompa ASI, merk Medela, mini electric. Pompa ini saya peroleh dari lungsuran kakak saya. Saya sempat pakai 2 type, Medela Harmony (manual), itu pun lungsuran kakak saya. Tetapi ternyata partnya gampang banget robek, apalagi type pemakaian seperti saya, yan…