Langsung ke konten utama

10-baby-thingy must have item (11! i revised)

ini postingan sebetulnya udah lamaaa bgt pengen dibuat, 
tapi ga sempet2. Baru sempet kepikiran, karena ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dan baru kerasa pas anak kedua, ada beberapa barang yang ternyata lumayan pricey, tapi worth to have, malahan must have karena sangat bermanfaat.
oke, let's start..

1. Pompa ASI
saya ingatkan yaah, ini memang berdasarkan pengalaman saya. Mungkin di ibu baru lainnya, item ini akan tidak diperlukan. Semuanya depends on her condition. Kondisi saya? saya ibu bekerja. Untuk saya pompa ASI sangat bermanfaat, untuk mensupport saya agar bisa ASI exclusif hingga 2 tahun. Pengalaman dengan Allena, saya pumping sampai H-1 Allena usia 2 tahun, dan berhasil disapih di usia 30 bulan. Saya pakai pompa ASI, merk Medela, mini electric. Pompa ini saya peroleh dari lungsuran kakak saya. Saya sempat pakai 2 type, Medela Harmony (manual), itu pun lungsuran kakak saya. Tetapi ternyata partnya gampang banget robek, apalagi type pemakaian seperti saya, yang sehari bisa 3x mompa, dan dipakai terus menerus hingga 2 tahun. Maka menurut saya, saya tidak merekomen Type Harmony, selain itu bikin pegel dan lama. Saya akhirnya terima lungsuran lagi, yaitu Medela Mini Electric. Pompa ini kinerja luar biasa! Saya tidak cepet pegel, LDR cukup cepat, dan perawatan mudah. Saya pakai mini electric sejak Allena usia 6 bulan, hingga 24 bulan. Ketika saya lulus dari urusan pompa memompa, si pompa ini saya lungsurkan ke adik saya, dan dia mompa dari anak usia 3-18 bulan. Kemudian sena lahir, dan itu pompa kembali dilungsurkan ke saya. Betapa berjasanya si minel ini, sudah 4 anak dia support. And it's still going on. Sejak pertama dipakai, hingga saat ini, berarti usia si Minel sudah 5 tahun. Performa adaptor sudah buruk, sehingga saya beli baru. Performa mesin masih cukup baik. Saya cukup puas dengan si minel,

2. Cooler Bag & Ice gel pack
Alat2 ini supporting untuk mompa ASI, dimana pun kapan pun. Saya dulu beli cooler bag dan ice gelpack di Ace hardware. Recommended bgt utk harga, performa dan tampilan. CAntik2! saya sering gatel pengen beli lagi. Cooler bag dan ice gel dari zaman allena saya simpan dan bersihkan, dengan niatan, jika di masa sena nanti, saya tidak perlu beli lagi. Eh emang dasar rezeki si bocah, sepupu saya memberi kado cooler bag, lengkap dengan ice gelnya merk Gabag. Desainnya cantik dan mudah dibawa-bawa. Tas ini pun, bisa saya pakai utk bawa diaper dan MPASI, jika saya jalan sama anak2 dan suami. Sukak!

3. Nursing Apron
Nursing apron? Saya beli dari jaman allena. Saya sengaja cari yang ada ring (agar bisa mengintip si anak) dan memudahkan dia bernapas. Selain itu saya sengaja cari yang agak gede, biar ketutupan bgt. Saya beli merk Mia-bebo. Harganya emang agak lumayan dibanding dengan yang lain, tapi worth to have! Desainnya bagus, kualitas kain bagus, dan awetttt. Saya bisa menyusui atau pun mompa ASI dimana pun kapan pun.

4. Baby Bather
Alat mandi ini kepake bgt! Saya merasa lebih nyaman dan safety pakai baby bather ketibang pake bak bayi. Saya pakai merk Summer. Kepake dari Allena newborn hingga dia berumur sekitar 18 bulan. Sejak Allena mulai steady berdiri, saya mulai mengganti dengan kursi plastik anak2. Si baby bather ini saya bersihkan dan simpan. Baru saya keluarkan lagi ketika Sena hadir di antara kami. Sangat nyaman dan aman.

5. Slowcooker
Ini salah satu alat yang sangat membantu saya ketika Allena mulai MPASI. Saat Allena mulai MPASI, saya pakai slowcooker merk miyako. Kurang rekomen, karena pengaturan panasnya rada susah, pot-nya gampang retak. Begitu selesai MPASI, tu slowcooker langsung almarhum. Saat ini sena mulai MPASI, saya kelungsuran slowcooker Takahi, dari adik saya. Takahi oke bgt! keramik pot kuat, pengaturan panas bagus, dan so far awet! 

6. Bottle warmer 
nahh... saya pakai bottle warmer merk IQ baby (4 in 1) type disney. Ini pun lungsuran dari kakak saya. Sudah beroperasi 5 tahun utk manasi ASI dan MPASI. Harganya ga terlalu mahal tapi sofar sangat awet dan bermanfaat.

7. Botol kaca ASI
Untuk botol kaca ASI, saya punya sekitar 60 botol kaca, untuk stok ASI. So far, barang ini sangat penting untuk support kegiatan per-ASI-an saya.

8. Carseat
Saat masa Allena, carseat tidak terlalu saya butuhkan. Malah saya ga kepikiran. Tetapi ketika Sena hadir, saya mulai memikirkan pentingnya si carseat ini untuk saya. Saya sering berkendara bertiga saja, tanpa suami. Maka saya butuhkan carseat untuk membantu saya. Saya mendapat kado carseat dari teman kantor saya. Saya pakai merk Pliko. So far menurut saya pliko ini cukup ringan dan Sena merasa nyaman. 

9. Stroller
OKeh, ini makin berasaaa bgt butuhnya sejak anak kedua. Errr..juga yang demen traveling. Ketika jaman Allena saya dikadoin Stroller Baby Does, yang menurut saya sih oke. Anaknya nyaman, bisa bobo dan makan karena posisi duduk bisa disetel. Tetapi ukurannya gede dan berat menurut saya. Sehingga ketika saya traveling, ni stroller ga rekomen bgt utk dibawa. Kalo bawa mobil sendiri sih oke, tetapi klo bekpekeran, ngggg ga rekomen. Saya kelungsuran stroller isport. Stroller ini? juara! ringkes, kecil, ringan dan mudah dibawa2. Sukaaa! saya udah beberapa kali bekpekeran bawa ni stroller. Kelemahannya, cuma pas anak tidur, agak kurang nyaman dan agak kepanasan aja, karena ga ada shadingnya. Over all, puas bgt. Nah saya sekarang lagi punya wish list beli stroller baru, setelah nanya2 dan brosang brosing, sepertinya saya akan eksekusi ke stroller Pockit. Ah cant wait! nanti kita review yaah! 

10. High cair
High cair kepake bgt! buat masa MPASI hingga nanti baby mencapai toddler. Saya pakai merk babydoes, Yang saya suka, baby does, kursinya empuk, ada meja yang ukurannya bisa disetel, dan disainnya cantik. YAng penting bgt, high cair harus mudah dibersihkan, mudah dilipat dan ukurannya ga bikin sempit. Saya puas pakai high cair ini. 

11. Blender
okehhh I revised. Blender! ini barang pentingggg bgt! saya awal MPASI allena pakai saring kawat. Tetapi kok ga praktis bgt yah, kemudian ganti blender merk Miyako (karena murceu). Nasibnya sama dengan si slowcooker. Segera jadi almarhum setelah MPASI beres. Akhirnya saya ganti blender merk Phillips. ada harga ada rupa yahh. Aweeett n sturdy! okehh, jika ada yg berpikir utk beli foodprocessor, yah silahkan saja, apalgi punya budget lebih. But in my opinion, saya lebih memilih blender, krn setelah MPASI saya masih bisa pake bwt masak di dapur, n nge-smoothies bwt keluarga.


Okeh, beberapa item yang menurut saya penting utk dimiliki. Semoga bermanfaat yaah untuk inspirasi cari kado ato pun ngelist belanjaan buat si newborn, dan bisa milah-milah mana yang penting mana yang ngga, sehingga ga kalap belanja, budget bisa dikendalikan, suami pun senang hihihih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Slow cooker, temanku..

Berhubung bukan ratu dapur...alias bener2 ga ngerti alat perang di dapur, saya bener2 terbantu dengan penemuan slowcooker utk memasak makanan allena

Buat saya yg kerja, waktunya ga banyak utk Allena, tapi pengen terlibat banyaaaaak dalam urusan yang masuk ke perut allena, jadilah alat ini sangat membantu. Klo digodok (ya itulah, bahasa emak2, artinya dimasak dalem rantang, tpi dikasih wadah air dibawahnya, trus dimasak agak lama di kompor, kira2 gtu), ga akan sempet utk saya yang berangkat subuh, pulang isya. Sebetulnya bisa aja, tp saya harus bangun jam 3 pagi, untuk berkutat dengan kentang, wortel, zukini dan teman-temannya. Duh rempong juga ya.. Secara roh saya jg masih wara wiri kali, hehehe.

Sebetulnya bisa juga saya titipkan urusan masak memasak ini dengan ibu saya, ato dengan ART di rumah, tapi kok ya rasanya saya ga mau. Cukup deh, saya ga bisa 24 hr/7 days di dekat Allena, jangan sampe masalah makannya, saya jg ga bisa handle. Sebetulnya ini untuk menghapus rasa bersalah aj…

staycation: The 101 hotel and resort bogor

Mendadak staycation jadi turis sehari di kota sendiri
November ini blass kita cuma menikmati kota Bogor. Rencana ultah anak-anak di pertengahan bulan, bikin ngerem (budget) dan juga nyicil persiapan (ini sebenernya ga jelas jg sik, hahahah).  Tapi yang jelas wiken, kdg abis waktu cm buat balikin nyawa aja buat persiapan weekdays berikutnya hiihihhi.
Trus tiba2 rezeki dateng, suami bilang, dia dapet voucher nginep di The 101 hotel Bogor. Ahhh asikkk, lgsg semangad packing bwt staycationan.
hari sabtu tiba, saya memastikan rumah beres dulu. Setelah masak, nyiapin anak2 (mandi makan) dan bibi kesayangan bantu beresin rumah, baru deh kita siap2 berangkat. Hari itu bertepatan pula dengan konser piano 2 sepupu Allena, jadi skedul kami adalah, pergi ke hotel, cek in dan langsung menuju tempat konser (yang dilaksanakan di sebuah hotel lain di bogor).
Saya udah penasaran bgt sama hotel ini, lebih kepada karena lokasinya, yang berada di sentra kuliner pecinan khas Bogor. Buat turis dari Jakarta,…