Langsung ke konten utama

ramadhan and school holiday in recap

it's already Syawal in here
and we miss Ramadhan already

Banyak hal terjadi di bulan Ramadhan, terutama di inner circle keluarga saya.
Kami memasuki Ramadhan ini dengan riang gembira dan semangad sekali. Terutama Allena yang sudah semakin besar, dan tahun ini Allena hanya bocor 2 hari hehehee.

Target
Taun ini saya juga membuat banyak target pencapaian selama Ramadhan. Taun ini saya mengusahakan sekali untuk bisa solat Tarawih berjamaah di masjid, dan meski sempat belang bentong krn jadwal datang bulan, saya sempet sakit dan mudik di akhir Ramadhan, tp di sisa harinya, saya dan anak-anak bisa 'mengusahakan' untuk tarawih di masjid. Menyenangkan, sungguh. Anak-anak pun mulai belajar utk 'tertib' di masjid, meskipun masih belum full solat taraweh. Ternyata dengan memangkas hampir smua undangan bukber, bahkan dengan inner circle saya (saya tidak mengagendakan bukber di luar dgn ortu ataupun saudara2 saya), taraweh berjamaah itu bisa bgt ya. meski tidak wajib untuk wanita, tapi saya pikir ini salah satu cara agar anak-anak mendapat suasana Ramadhan dan dekat dengan masjid. Momen yang akan dia rindukan di hari-hari lain.

Target lain, khatam Quran. Taun-taun sebelumnya, saya ga prnah pasang target. Tapi taun ini saya pasang target, dgn menghitung2 saya akan ada skejul bolong krn datang bulan dsb, maka saya tinggikan target. Menghilangkan kegiatan2 yang kurang manfaat (misalnya log out sosmed, nahan diri ga maraton nonton Korea dsb). Alhamdulillah, malam 27, bisa tercapai. Saking emosionalnya, di ayat-ayat terakhir ngaji sambil sesenggukan hhihiihihih.

Target lain, sedekah tiap hari. Sejak saya kecopetan, saya jadi bawa mobil setiap hari ke kantor. Kondisi begini, bikin saya jadi makhluk individualis. Jarang ktmu orang, tidak seperti di bus. Jarang ketemu para peminta-minta di jalanan dimana saya nunggu bus. Akhirnya, saya putuskan, tiap hari nyiapin 1 dus air mineral, untuk disajikan di mushola rest area di sentul, jalur saya pulang kerja. 

Hadiah
Saya sempet menganggapnya ujian, tapi saya pikir, ini hadiah dari Alloh. Di minggu ketiga Ramadhan, ibu saya mendapatkan 'hadiah kecil'. Ibu saya jatuh di menit-menit menjelang berbuka, akibat tekanan darah turun, hal ini menyebabkan ibu saya mengalami cedera patah tangan. Kami segera ke UGD dan dipastikan ibu saya harus dioperasi. Semua berlangsung cepat, kami mengambil keputusan ok, ibu saya harus masuk RS, dan akan ditindak hari esoknya. Di hari yang sama, tante saya (yang cukup dekat sejak kecil), kritis. Di RS yang sama, di hari yang sama, dimana ibu saya harus masuk ruang operasi, tante saya harus menghadap Sang Khaliq di ICU. Alloh punya rencana indah untuk semua, tante saya berpulang di bulan Ramadhan, di hari jumat, dan diantar oleh banyak saudara (yang hari itu memang hari libur nasional, jadi banyak saudara datang menjenguk). Pengingat sekali, bahwa kematian itu dekat, teguran-teguran kecil dari Alloh untuk kembali kita mendekat ketika jauh. Sungguh, keluarga inti saya, jadi semakin dekat, dengan adanya momen ini. Kami banyak menghabiskan waktu di RS, menjaga umi, menemani proses operasi, bahkan berkumpul dan berbuka bersama di kamar rawat umi.
Getaway
Ramadhan ini juga sekaligus school holiday-nya Allena. Hasil rapot atas kerja kerasnya 1 tahun ini sangat memuaskan, progres Allena luar biasa. Suami saya menghadiahi dia utk jalan-jalan ke Bandung. Kami memutuskan untuk staycation di GH Universal dan mampir ke Maribaya The Lodge dan 3D amazing world.





 
Di hari lain, kami sempet juga ajak Allena dan Sena ke Kidzania, memanfaatkan harga low season di hari kerja.

Mudik
Taun ini sudah diputuskan, bahwa kami akan berlebaran di kampung suami saya di Jawa Tengah. Ini pun menjadi lebaran pertama saya jauh dari Bogor. Selama 8 tahun menikah, kami selalu mudik setelah lebaran. Tp karena ada aturan libur cukup panjang dari pemerintah, akhirnya diputus untuk mudik sebelum lebaran. Sebetulnya saya berat utk pergi, meninggalkan ibu saya yang sedang recovery, tapi ya sudahlah. Kami stay 3 malam di kampung, dan menyempatkan ikut reuni alumni almamater SMA suami saya. Mudik terasa beda, tidak sepadet tahun-tahun sebelumnya, meski kami sempat merasakan macet di bbrp titik.

Syawal Holiday
Liburan lebaran masih tersisa, saya memutuskan untuk mengajak ayah ibu, kakak dan adik serta ponakan staycation di jakarta. Kami menginap di Best Western Premier The Hive, salah satu hotel yang dikelola saya di kantor, jadi mayan dapet rate khusus dan kamar komplimen. Ibu saya gembira sekali, meski kami hanya nginep, tapi anak-anak bisa renang, makan junk food (ahhaahah) dan kami buatkan acara khusus seeperti permainan kartu dan tukar kado.



Silaturahmi
Lebaran selalu identik dengan silaturahmi. Selain mengunjungi kluarga di kampung suami, kami juga mengunjungi kakek nenek, tante dan om, serta sepupu dan ponakan di Bogor. Senang rasanya bisa bertemu keluarga dalam suasana lebaran. Kami pun juga disuguhi aneka cemilan khas lebaran. Anak-anak gembira karena sebagian besar mereka dikasih angpau, heheehhe.

That's all about the recap, and now
I miss Ramadhan already..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Slow cooker, temanku..

Berhubung bukan ratu dapur...alias bener2 ga ngerti alat perang di dapur, saya bener2 terbantu dengan penemuan slowcooker utk memasak makanan allena

Buat saya yg kerja, waktunya ga banyak utk Allena, tapi pengen terlibat banyaaaaak dalam urusan yang masuk ke perut allena, jadilah alat ini sangat membantu. Klo digodok (ya itulah, bahasa emak2, artinya dimasak dalem rantang, tpi dikasih wadah air dibawahnya, trus dimasak agak lama di kompor, kira2 gtu), ga akan sempet utk saya yang berangkat subuh, pulang isya. Sebetulnya bisa aja, tp saya harus bangun jam 3 pagi, untuk berkutat dengan kentang, wortel, zukini dan teman-temannya. Duh rempong juga ya.. Secara roh saya jg masih wara wiri kali, hehehe.

Sebetulnya bisa juga saya titipkan urusan masak memasak ini dengan ibu saya, ato dengan ART di rumah, tapi kok ya rasanya saya ga mau. Cukup deh, saya ga bisa 24 hr/7 days di dekat Allena, jangan sampe masalah makannya, saya jg ga bisa handle. Sebetulnya ini untuk menghapus rasa bersalah aj…

10-baby-thingy must have item (11! i revised)

ini postingan sebetulnya udah lamaaa bgt pengen dibuat,  tapi ga sempet2. Baru sempet kepikiran, karena ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri, dan baru kerasa pas anak kedua, ada beberapa barang yang ternyata lumayan pricey, tapi worth to have, malahan must have karena sangat bermanfaat. oke, let's start..
1. Pompa ASI saya ingatkan yaah, ini memang berdasarkan pengalaman saya. Mungkin di ibu baru lainnya, item ini akan tidak diperlukan. Semuanya depends on her condition. Kondisi saya? saya ibu bekerja. Untuk saya pompa ASI sangat bermanfaat, untuk mensupport saya agar bisa ASI exclusif hingga 2 tahun. Pengalaman dengan Allena, saya pumping sampai H-1 Allena usia 2 tahun, dan berhasil disapih di usia 30 bulan. Saya pakai pompa ASI, merk Medela, mini electric. Pompa ini saya peroleh dari lungsuran kakak saya. Saya sempat pakai 2 type, Medela Harmony (manual), itu pun lungsuran kakak saya. Tetapi ternyata partnya gampang banget robek, apalagi type pemakaian seperti saya, yan…

staycation: The 101 hotel and resort bogor

Mendadak staycation jadi turis sehari di kota sendiri
November ini blass kita cuma menikmati kota Bogor. Rencana ultah anak-anak di pertengahan bulan, bikin ngerem (budget) dan juga nyicil persiapan (ini sebenernya ga jelas jg sik, hahahah).  Tapi yang jelas wiken, kdg abis waktu cm buat balikin nyawa aja buat persiapan weekdays berikutnya hiihihhi.
Trus tiba2 rezeki dateng, suami bilang, dia dapet voucher nginep di The 101 hotel Bogor. Ahhh asikkk, lgsg semangad packing bwt staycationan.
hari sabtu tiba, saya memastikan rumah beres dulu. Setelah masak, nyiapin anak2 (mandi makan) dan bibi kesayangan bantu beresin rumah, baru deh kita siap2 berangkat. Hari itu bertepatan pula dengan konser piano 2 sepupu Allena, jadi skedul kami adalah, pergi ke hotel, cek in dan langsung menuju tempat konser (yang dilaksanakan di sebuah hotel lain di bogor).
Saya udah penasaran bgt sama hotel ini, lebih kepada karena lokasinya, yang berada di sentra kuliner pecinan khas Bogor. Buat turis dari Jakarta,…